Laman

Kamis, 29 Agustus 2013

Menikmatimu

Hingga saat ini aku masih menikmatinya. Menunggu sapaanmu pertama kali, perbincangan berjalan singkat dengan kau yang hanya berkata “oh” atau “iya” juga “tidak” dan aku yang seperti anak kecil mendapat permen begitu bahagianya lalu bercerita panjang lebar tanpa pernah kulihat kau menikmati ceritaku atau tidak. Sesekali kuhela dengan pertanyaan yang lagi-lagi kau jawab dengan jawaban satu katamu. Beruntung jika aku mendapatkan bonus sebuah senyum atau gerutuhan kecilmu. Satu-satunya tanda bahwa aku tidak berbincang dengan diriku sendiri.
Hingga saat ini aku juga masih menikmatinya. Memandangmu yang selalu asyik sendiri dengan duniamu. Menyanyikan lagu-lagu yang entah milik siapa lalu sesekali kau memandangiku mengajakku ikut menikmatinya tapi aku balas dengan mengerutkan kening. Aku lebih memilih menikmatimu saja. Melihat betapa berbinarnya matamu saat itu, melihat betapa mahirnya kau memetik senar-senar yang tak kumengerti. Yang kutahu hanyalah senar itu ada enam, lalu ketebalannya tidak ada yang sama. Kadang kau menekan beberapa dengan formasi jari sedemikian rupa dan keluarlah bunyi yang merdu.
Hingga saat ini akupun masih terus menikmatinya. Melihatmu yang hanya duduk. Menatap kosong ke jalan. Entah apa yang sedang kau pikirkan. Dari tempatku memperhatikanmu, aku bisa melihat asap rokok yang kau mainkan sekenanya, lalu jemarimu yang memainkan batang rokok itu. Sungguh mahir kau. Kau tahu kapan ia mesti kau hisap, kapan itu berhenti, lalu kapan abu yang bersisa di ujung-ujungnya mesti kau jentikkan dengan jarimu kemudian berjatuhan di tanah, beberapa mengenai celana jinsmu yang tak kau hiraukan sama sekali. Lalu yang tersisa hanya api-api kecil berwarna merah di ujung rokokmu.

Hingga saat ini aku masih akan menikmatinya. Menungguimu saat kau diam, tak ada yang ingin kau bicarakan. Menungguimu saat kau mulai bercerita sesuatu yang menarik bagimu. Menungguimu yang lalu kembali diam entah sedang memikirkan apa. Lalu tiba-tiba kau akan memandangku dan berkata “Aku lapar.” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar