Laman

Rabu, 19 Februari 2014

Sebab Cinta yang Menguatkan

Nulisbuku FF2in1    "Semua Karena Cinta_Joy Tobing

Indah sekali tempat ini. Tidak dapat kuungkapkan dengan kata-kata. Ini kali pertama aku mendaki gunung dan ternyata tidak semenyeramkan  yang aku bayangkan. Mataku kemudian terhenti pada seorang bapak yang sedang duduk kelelahan di bawah pohon yang tidak cukup rindang melindungi dirinya yang kewalahan menahan teriknya matahari pagi itu.
Rasa penasaran dengan barang bawaannya membuatku memberanikan diri mendekatinya. Aku menghampiri bapak lalu mengajaknya ngoborol.
“ Belerang Pak ?” tanyaku pada si bapak
“ Iya mbak.” jawabnya sambil tersenyum
“ Ini berapa kilo pak kira-kira ?”
“ Sekitar 40 kilogram mbak.” jawab bapak enteng yang membuat mataku sedikit terbelalak.
“ Bapak mikul 40 kilogram dengan jalur berbahaya seperti ini pak ?”
“ Yah mesti gimana lagi mbak. Kalau gak begini anak istri saya makan apa ?”
Sedikit terenyuh mendengar cerita bapak itu. Pak Karto namanya. Bekerja sebagai pengangkut belerang sudah 17 tahun. Bekerja dari jam dua pagi sampai jam lima sore. Naik turun gunung dengan beban belerang yang luar biasa berat di pundaknya. Semua dilakukan dengan tulus dan ikhlas sebab rasa cinta dan tanggung jawab kepada anak istrinya. Luka di sekitar leher, peluh yang luar biasa juga resiko kerja yang sangat tinggi tidak pernah membuatnya berhenti berjuang dari hari ke hari. Lalu seberapa besar pengorbanan itu dibayar ? Rp 800 untuk setiap kilogramnya. Aku hanya bisa mengurut dada dan menyeka air mata. Betapa luar biasanya cinta hingga membuat seseorang mampu terus bertahan di tengah penderitaan, mungkin di sepanjang hidupnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar